Kerjakan sesuatu yang sulit, itu baik bagi kita. Jika mengerjakan sesuatu yang telah kita kuasai, kita tidak akan pernah berkembang. 

Ronald E. Osborn


     Pada 12 September 1962, Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy menyampaikan pidatonya di Rice University di Houston Texas. Tentang tantangan-tantangan sulit yang dihadapi negaranya. Ia juga menceritakan impiannya supaya Amerika Serikat dapat mendaratkan manusia di bulan.

   Dalam menyeimbangkan kebutuhan rakyatnya dan impian untuk menjelajahi ruang angkasa, Kennedy berkata “ kita memilih untuk pergi ke bulan di dekade ini, kita memilih untuk pergi ke bulan tidak karena semua ini adalah hal mudah, tetapi justru karena ini adalah hal sulit”. Seluruh bangsa pun menyetujuinya. Tujuh tahun kemudian pada Juli 1969, Neil Amstrong beserta para ilmuwan Amerika Serikat melakukan “lompatan raksasa untuk umat manusia” dengan berjalan dibulan. 

Nilai Pembelajaran

     Hal yang dapat kita ambil dari cerita diatas adalah dalam melakukan sesuatu yang sulit, yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, akan membuat kita menjadi tertantang. Hal tersebut juga dapat menumbuhkan rasa keingintahuan kita, yang mendorong kita untuk terus maju, menjelajah, bereksperimen dan membuka kesempatan baru.

     Sebagai pribadi yang tidak pernah berhenti belajar dan terus berlatih. Belajar adalah hal yang kita lakukan seumur hidup, bahkan para professional yang sudah ahli pun masih berlatih untuk meningkatkan prestasi kerja mereka. Manusia yang mempunyai bakat tetapi kurang atau tidak pernah berlatih tidak akan menjadikannya apa-apa. Sementara manusia yang sebenarnya terlahir tanpa sebuah potensi tetapi terus mengasah diri, mencoba sesuatu yang baru dan bereksperimen justru akan menjadi manusia yang mahir.

     Sahabat, setiap hari dalam keadaan apa pun belajarlah untuk terus berkembang. Mulai hari ini marilah kita belajar untuk memperbesar kapasitas kerja kita. Bila kita mau mengerahkan seluruh potensi dan kemampuan, suatu saat kita akan terkejut dan merasa bangga karena ternyata kita mampu menyelesaikan tugas yang dahulu dianggap berat.  

     Ingatlah bahwa di dunia ini tidak ada perkara yang tidak dapat diselesaikan. Yang ada hanyalah mereka yang tidak sanggup menyelesaikannya, dan yang terpenting jangan merasa diri sudah berada di level terbaik. Namun, jadilah pribadi yang haus akan hal baru dan seraplah semuanya.

1 Komentar

  1. Seru sekali ceritanya, menarik,perbanyak cerita-cerita mengenai tokoh dong..

    BalasHapus

Posting Komentar