Kamu tidak pernah tau seberapa kuatnya dirimu, hingga menjadi kuat adalah satu-satunya pilihan yang kamu punya.

Bob Marley


     Hidup adalah permainan. Jika anda terjebak maka andapun akan masuk dalam suatu perangkap dimana anda harus pintar mencari jalan keluarnya, atau justru anda akan menemukan kebuntuan jalan didalamnya. Anda jangan pula menjadikan diri anda sendiri sebagai korban atas ketidak mengertian anda terhadap permainan hidup ini.

     Tetapi jadilah sosok yang mampu memposisikan diri anda sebagai orang yang haus akan keberhasilan, sehingga dengan sendirinya akan timbul dalam diri anda keinginan besar untuk menjadikan segala hal sebagai pelengkap atas kemajuan dan cita-cita keberhasilan dalam hidup anda. Orang yang dapat menerapkan dan merasakan hal tersebut, akan menjadikan setiap yang dialaminya sebagai sesuatu yang wajar dan lumrah, namun dengan itu pula, entah itu keberhasilan atau kesalahan, yang diperbuatnya justru akan dijadikan bahan renungan sekaligus dianggap sebagai varian-varian hidup yang memang semestinya ada.

     Sehingga kompleksitas kehidupan ini benar-benar dirasakan dan mampu menjadi jembatan yang saling mendukung dan mengisi, dan kemajuan pun bisa didapat dengan cara memperbanyak belajar dari kesalahan. Oleh karena itu jangan merasa kalah hanya karena anda merasa salah. Karena kalah dan salah memiliki perbedaan yang sangat berbeda, karenanya, perbaikilah kesalahan dalam diri anda demi merajut citra hidup yang maju dan bahagia.

Nilai Pembelajaran

     Seperti yang diceritakan pada cerita diatas bahwasanya hidup adalah sebuah permainan yang harus kita lewati, apapun hasil yang kita peroleh akan menentukan bagaimana nasib kita kedepannya. Jika diumpamakan dalam suatu turnamen, maka setiap hari dalam kehidupan kita adalah pertandingan final. Apapun hasil pertandingan pada hari ini jangan membuat kita terpengaruh untuk pertandingan yang akan datang. Jika hasilnya baik maka jangan larut dalam eforia yang berlebihan dan sama halnya ketika memperoleh hasil buruk jangan sampai larut dalam kesedihan.

     Setiap hasil yang kita peroleh mengajarkan kepada kita tentang pentingnya membenahi diri. Ketika dalam sekali jalan kita lansung berhasil maka pelajaran yang kita dapat adalah “jalan tersingkat yang dapat di tempuh untuk mencapai tujuan”, akan tetapi ketika kita mendapatkan hasil yang kurang baik maka dapat di simpulkan “jalan ini tidak bisa ditempuh untuk mencapai tujuan”.

2 Komentar

  1. Bagus sekali ceritanya, sangat inspiratif dan seru, semoga sukses terus berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas comment nya, ikuti terus update terbaru dari kami ya...

      Hapus

Posting Komentar