Melihat cahaya pada ujung terowongan, memberikan harapan, bahwa akan dibutuhkan beberapa lama, namun pada akhirnya, semuanya akan baik-baik saja. Yang harus saya lakukan adalah tetap mencoba.
Blaze Olamiday
     Seseorang meninggalkan pesan ini dalam voice mail, “Hai sayang. Aku hanya ingin kau tahu, kami selalu memikirkanmu dimanapun kau berada, kami tahu segalanya nampak sulit bagimu sekarang, tapi di sana ada cahaya di ujung lorong, dan kami tahu kau akan mampu melewati masa ini menuju sisi lain suatu hari nanti. Kami hanya yakin saja. Semuanya akan baik-baik saja manis.”

     Hampir setiap minggu, Lisa mendapatkan pesan ini pada voice mail. Pesan ini datangnya dari teman dan rekan bisnisnya, Logan, dan kadang-kadang dari istrinya Rhonda. Bahkan ketika mereka sedang pergi berlibur, mereka akan meninggalkan pesan sebelum mereka pergi, sehingga Lisa akan tahu bahwa mereka sempat memberi perhatian. Logan melakukan hal ini karena ketika adiknya yang masih gadis kecil yang tumbuh di New Orleans, tinggal terpisah dari Logan dan orang tuanya, dirawat oleh kakeknya dan setiap harinya adiknya menangis karena merindukan keluarganya, Orang tuanya selalu menghibur buah hatinya itu dengan berkata, “Semua akan baik-baik saja manis.” Pengalaman adiknya ini yang menggugah hatinya untuk selalu memberikan dukungan bagi pasangan, teman, rekan kerja, dan orang-orang terdekat lainnya yang sedang mengalami kesulitan. Ia menyadari bahwa saat seseorang sedang dilanda kesulitan, terkadang yang mereka butuhkan bukanlah bantuan yang besar, namun sebuah dukungan kecil seperti, tepukan di bahu dan seseorang yang mendengarkan tanpa menghakimi, yang menunjukkan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Nilai Pembelajaran
 
     Disaat Anda sedang menghadapi kesusahan, apapun itu, saat Anda merasakan kehadiran orang di sekitar Anda, maka Anda akan merasa dicintai. Ketika Anda menemui situasi yang penuh dengan masalah, kadang-kadang yang kita butuhkan adalah orang yang menyediakan diri untuk mendampingi Anda. Tanpa saran, hanya ketulusan hati untuk memberikan semangat. Memberikan kata-kata, segala sesuatunya akan baik-baik saja.

     Anda tak perlu memberitahunya untuk berpikir positif. Pesan yang sampaikan janganlah hanya sekedar kata-kata. Tapi pesan yang memberikan energi yang tersimpan di balik kata-kata. Pesan bahwa semuanya akan baik-baik saja, akan membuat orang yang menerima pesan itu merasa bahwa ia dicintai apa adanya. Mereka tidak sedang berusaha menasihati, namun mereka sedang memberikan ketulusan, kesempatan untuk berada dalam tempat yang tenang sementara waktu. Lewat pesan tersebut, orang yang Anda berikan semangat akan percaya, bagaimanapun ia dapat menanggulangi segala masalahnya. Kadang kadang kata seperti itu sudah cukup.

     Saat Anda melihat orang-orang di sekitar Anda sebagai saudara, maka perasaan empati, welas asih, dan kebersamaan akan muncul dalam hati Anda, yang membuat Anda tidak akan pernah tega meninggalkan orang yang Anda sayangi dalam keadaan susah. Jadi, sudahkah Anda memberikan tepukan di bahu yang mengatakan bahwa semuanya akan baik-baik saja kepada orang yang Anda sayangi hari ini?

1 Komentar

Posting Komentar