Sebuah Negara Tidak Akan Pernah Kekurangan Seorang Pemimpin Apabila Anak Mudanya Sering Berpetualang di Hutan, Gunung & Lautan. 



     Banyak di antara kita yang beranggapan nasionalisme adalah perkara yang pelik. Melalui 5 Cm, kita diajak “bermain-main” dengan rasa cinta pada negeri ini secara sederhana melalui kelima sahabat yang menjadi tokoh utama novel besutan penulis muda, Donny Dirghantoro. Dalam cerita ini dibuka dengan perkenalan masing-masing tokoh yaitu Arial, Zafran, Genta, Riani dan Ian.

     Kelima tokoh utama ini telah berada dalam lingkar persahabatan selama kurang lebih 7 tahun. Hingga suatu saat mereka diliputi kebosanan. Kehidupan yang monoton membuat mereka berpikir untuk berpisah selama 3 bulan. Dalam masa “berpisah tersebut”, mereka tidak diperkenankan melakukan komunikasi dalam bentuk apapun.

     Kelima sahabat ini memutuskan menunaikan rindu dengan mendaki puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa, Semeru. Surga dunia yang dititip Tuhan di Nusantara. Alasan yang lebih dari cukup bagi orang-orang (khususnya anak muda) untuk mencintai bangsa ini dan memajukannya dengan tekad yang disimpan di jidat, tak lebih dari 5 cm. Pada cerita ini pula, terdapat kisah persahabatan menjadi kisah petualangan yang dibumbui kisah cinta yang manis. Cinta segitiga di antara mereka dikemas dengan tawa bukan tangis.
  
Nilai Pembelajaran 

     Yang bisa dilakukan seorang mahkluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya dan mencapainya. Setiap manusia harus mempunyai mimpi agar kita tidak hanya menjadi seonggok daging yang hanya bisa berjalan, hanya mempunyai nama dan hanya bisa haha-hihi saja.

     Menjadi seorang pribadi yang tidak pernah berhenti belajar dan terus berlatih. Belajar adalah hal yang kita lakukan seumur hidup, bahkan para professional yang sudah ahli pun masih berlatih untuk meningkatkan prestasi kerja mereka. Manusia yang mempunyai bakat tetapi kurang atau tidak pernah berlatih tidak akan menjadikannya apa-apa. Pada cerita “ 5 cm “ ini juga kita diajarkan untuk keluar dari zona nyaman, yakni mereka tidak boleh berinteraksi selama 3 bulan dengan cara apapun sampai tiba saatnya mereka berhasil bertemu kembali dan dapat meraih kemenangan bersama berdiri di puncak Semeru

     “Apa yang kamu mau, mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, kamu taruh disini.. Jangan menenpel dikening, biarkan dia menggantung..  mengambang 5 centimeter di depan kening kamu “.


1 Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus

Posting Komentar